Sunday, April 15, 2018

Hukuman Marquez Berubah! Sebenarnya Penalti Ride Through, Kenapa Jadi Penalti 30 Detik?

Race Director MotoGP, Mike Webb mengungkapkan fakta bahwa sempat ada perubahan hukuman yang diterima Marc Marquez atas insidennya dengan Valentino Rossi. Sebenarnya hukuman untuk The Baby Alien adalah Ride Through Penalty, namun berubah menjadi penalti 30 detik. Kenapa?
Seperti yang dilansir Bolasport.com, Mike Webb menceritakan tentang hukuman yang diterima Marquez saat melakoni balapan di MotoGP Argentina 2018. Ketika itu Marquez mendapatkan sanksi penalti ride-through, penalti turun satu posisi, ditambah penalti 30 detik.
Hukuman pertama didapat karena Marquez tidak start dari pitlane setelah motornya mati. Kemudian hukuman kedua dan ketiga dijatuhkan pada Marquez karena melakukan manuver agresif yang membahayakan rider lain.
Hanya saja Mike Webb menjelaskan jika hukuman ketiga yang dijatuhkan untuk Marquez, sebenarnya penalti ride-through bukannya penalti 30 detik. Hingga akhirnya Race Direction mengubah bentuk hukuman itu, karena terjadi ketika balapan akan selesai.
“Seperti yang saya katakan bahwa dalam setiap kasus, penalti diberikan sesuai dengan pelanggarannya. Ride-through karena melawan arus saat start, turun satu posisi dan ride-through karena membahayakan pebalap lain hingga berbenturan. Karena pada lap terakhir, tidak mungkin meminta pebalap untuk mengendarai motornya dengan lambat di pitlane” ungkap Mike Webb, seperti yang dilansir Bolasport.com.
Mike Web mengatakan karena insiden dengan Rossi terjadi di lap-lap terakhir, akhirnya Marquez tidak dijatuhkan hukuman untuk kembali masuk pitlane tapi diganti dengan penalti 30 detik. Dengan fakta bahwa hukuman Marquez ternyata sempat mengalami perubahan, bagaimana menurut Anda?

No comments:

Post a Comment